Mandat dan Bagian

Mandat Departemen

Pengembangan ilmu ekonomi pertanian (pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan) dan ekonomi sumberdaya alam serta lingkungan hidup. Adapun mandat tiap-tiap bagian/laboratorium di Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan adalah sebagai berikut :

Bagian Ekonomi Pertanian
Mandat Bagian:
Pengembangan ilmu dan wawasan tentang Ekonomi Pertanian dalam arti luas mencakup produksi, konsumsi, harga-harga, perdagangan dan pembangunan pertanian, berbagai metode analisis dan formulasi kebijakan melalui aktivitas pengajaran, penelitian dan pengembangan masyarakat.
       

Ranah/Ruang Lingkup:
Mengkaji berbagai permasalahan dalam produksi, konsumsi, harga-harga, perdagangan dan kebijakan dalam pembangunan pertanian.
       

Topik-topik Utama Penelitian:
Topik-topik penelitian yang akan dikembangkan di bagian ini berkaitan dengan produksi, konsumsi, harga-harga, perdagangan dan kebijakan dalam pembangunan pertanian.
       

Bagian Ekonomi Sumberdaya
Mandat Bagian:
Pengembangan ilmu dan wawasan tentang Ekonomi Sumberdaya mencakup sumberdaya pulih dan tidak pulih, berbagai bentuk kepemilikan, pengelolaan, penggunaan dan akibat kerusakan sumberdaya (alam, air, perikanan dan kehutanan), metode analisis dan formulasi kebijakan melalui aktivitas pengajaran, penelitian dan pengembangan masyarakat.
           

Ranah/Ruang Lingkup:
Mengkaji berbagai aspek ekonomi sumberdaya pulih dan tidak pulih, bentuk kepemilikan, pengelolaan, pemanfaatan dan akibat kerusakan sumberdaya dengan berbagai metode analisis dan formulasi serta kebijakannya.
           

Topik-topik Utama Penelitian:
Topik-topik penelitian yang akan dikembangkan di bagian ini berkaitan dengan Ekonomi Sumberdaya (air, lahan, perikanan, kehutanan), kelembagaan, pemodelan ekonomi sumberdaya serta perencanaan dan kebijakan sumberdaya dan lingkungan. Pengelolaan ekonomi sumberdaya dan kemiskinan. Penelitian trade off antara pembangunan ekonomi dan sumberdaya alam dan lingkungan (Sack and Warner Model dan lainnya)
           

Bagian Ekonomi Lingkungan
Mandat Bagian:
Pengembangan ilmu dan wawasan tentang Ekonomi Lingkungan mencakup penilaian ekonomi lingkungan dan kerusakan lingkungan sebagai dampak dari pembangunan ekonomi, berbagai metode analisis penilaian dan formulasi kebijakan lingkungan melalui aktivitas pengajaran, penelitian dan pengembangan masyarakat.
               

Ranah/Ruang Lingkup:
Mengkaji berbagai metode penilaian ekonomi dan kerusakan lingkungan sebagai dampak dari pembangunan ekonomi melalui berbagai metode analisis penilaian dan formulasi kebijakan.
               

Topik-topik Utama Penelitian:
Topik-topik penelitian yang akan dikembangkan di bagian ini berkaitan dengan Ekonomi Lingkungan, termasuk valuasi dan evaluasi lingkungan dan kerusakan-kerusakan yang terjadi di lingkungan.

Menu Mahasiswa

  • 1
  • 2