Komunitas Selam IPB jadi Bagian “Combating Marine Debris”

Kemenko Maritim RI melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Revolusi Mental telah ditunjuk menjadi Koordinator Gerakan Indonesia Bersih. Kemenko Maritim RI sebagai koordinator pada peringatan Hari Bumi tahun ini menyiapkan tema “Combating Marine Debris”.

Komunitas Selam Institut Pertanian Bogor (IPB) yang terdiri dari Marine Science and Technology Diving, Himafarin Dive, Fisheries Diving Club mengambil bagian dalam kegiatan Aksi Bersih Bersama dalam rangka Hari Bumi 2017. Pada tanggal 6 Mei 2016, Sebanyak 21 orang peselam dari IPB bergabung bersama 129 peselam dari POSSI, Masyarakat Selam Indonesia, Taman Nasional, Tim Kesehatan dari Kementerian Perhubungan dan masyarakat setempat melakukan underwater clean up di tiga lokasi di perairan Pulau Pramuka.

Kegiatan ini berhasil mengangkat 142, 2 kilogram sampah dari dasar laut Pulau Pramuka, Pulau Panggang, dan Pulau Karya, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Sampah tersebut berupa organik 26,0 persen, sampah plastik 69 persen, dan kaleng 4,71 persen. “Kegiatan ini bermanfaat bagi mahasiswa IPB baik dari sisi pengalaman melakukan penyelaman dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Tak kalah penting adalah mahasiswa mulai berinteraksi dengan komunitas selam yang ada di Indonesia,” ungkap Beginer Subhan, M.Si, Kepala Laboratorium Selam Ilmiah Departemen Ilmu dan Teknologi Kelauta, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB ini.

Menu Mahasiswa

  • 1
  • 2