Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN Prodi Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan FEM IPB ikut AUN-QA

Program studi sarjana satu-satunya di Asia Tenggara, Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan dibawah Departemen ESL, Fakultas Ekonomi Manajemen, Institut Pertanian Bogor (IPB) akan menambah jumlah program studi (prodi) yang mendapat akreditasi internasional melalui kegiatan asesmen oleh Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA) yang dimulai Selasa (30/5). Kunjungan tim penilai akreditasi AUN-QA diterima di Ruang Sidang Rektor, Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga Bogor.

Rektor IPB, Prof.Dr Herry Suhardiyanto mengatakan, “IPB selalu berkomitmen dalam peningkatan mutu pendidikan. Proses penilaian akreditasi dari AUN-QA ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di IPB yang tidak hanya diakui secara nasional namun juga di tingkat regional dan international, mengingat sistem penilaian AUN-QA menggunakan basis penjaminan mutu (Quality Assurance)”. 

Tim yang melakukan assessment  di prodi sarjana Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan  adalah Assoc. Prof. Dr. Ornsiri  Cheunsuang dari Chulalomgkorn University Thailand dan Prof. Dr. Suzeini Binti Abd Halim dari University of Malaya Malaysia.. 

Ketua Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan Dr. Aceng Hidayat MT menyampaikan, harapannya kegiatan ini bisa memotivasi seluruh program studi di  IPB agar memiliki kualifikasi standar internasional. "Visitasi ini akan dilakukan dari tanggal 30 Mei hingga 1 Juni untuk memastikan kesesuaian standar proses pelaksanaan pendidikan, sistem manajemen, sumber daya manusia, sarana dan fasilitas denganstandar AUN-QA. Semoga proses visitasi dapat berjalan dengan baik hingga akhirnya prodi sarjana Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan IPB dapat tersertifikasi AUN-QA", tutur pria lulusan Humbolt University of Berlin German ini. Selain AUN QA, setahun lalu Prodi Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan mendapatkan kembali Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Untuk lolos AUN QA harus mencapai limit akreditasi 4 ke atas. Hasil akreditasi  menjadi parameter bagi mahasiswa mancanegara, khususnya dari negara ASEAN untuk melanjutkan pendidikan di Prodi Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan IPB.

IPB telah tiga kali di-asesmen oleh AUN-QA yaitu pada tahun 2013, 2014 dan 2016 sudah sepuluh Departemen yang sudah mendapat sertifikasi AUN-QA. Sepuluh Departemen itu adalah Agronomi dan Hortikultura, Proteksi Tanaman, Budidaya Perairan, Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Sains Komunikasi Pengembangan Masyarakat, Gizi Masyarakat, Silvikultur, Ilmu Ekonomi dan Agribisnis.(pg)